Rabu, 13 Mei 2015

Merenungi Bintang-Bintang

Hak cipta ©Sulaiman Djaya

Di malam hari, bila saya sedang jenuh atau bosan, saya sempatkan beberapa menit untuk memandangi langit dan bintang-bintang. Terkadang saya memandanginya dari jendela kaca di mana saya biasa menulis dan membaca, dan kadang dengan berdiri di halaman dan tepi jalan.

Saat memandangi langit dan bintang-bintang itulah, terbersit di dalam hati: bilakah surga berada di sana? Sebuah pertanyaan, yang tentu saja, tak mendapat jawaban dan hanya sekedar pertanyaan.

Tetapi, bagaimana pun, ada kekaguman dan ketakjuban di dalam hati tentang keluasan semesta langit dan bintang-bintang tersebut yang tanpa batas. Dan bila membayangkan hal itu, betapa bumi tempat saya berada hanyalah satu titik di keluasan tanpa batas jagat raya.

Terkadang terbersit pula pertanyaan di dalam hati: di mana gerangan Tuhan berada kala saya memandangi langit dan bintang-bintang tersebut. Meski, sekali lagi, pertanyaan itu pun hanya sekedar pertanyaan yang tak mendapat jawaban. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar